Senin, 20 Maret 2017

Obat Batuk Secara Alami Dan Tradisional

Senin, 20 Maret 2017


Obat Batuk Secara Alami Dan tradisional

Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi pada musim hujan maupun musim pancaroba. Apapun jenis batuknya, baik itu batuk karena flu, batuk kering, maupun batuk berdahak, pasti sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, beraktivitas tidak maksimal, beristirahat tidak nyenyak.  Pada umumnya, batuk terjadi karena ada sesuatu benda asing yang umumnya berupa debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan. Hal ini yang kemudian membuat rasa gatal dan benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh dengan cara batuk.
sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter.

Untuk melengkapi obat dokter tersebut, Anda juga bisa mengobati batuk dengan obat tradisional yang alami. Dibandingkan dengan obat kimia, obat herbal mempunyai banyak keuntungan, di antaranya: Terbuat dari bahan alami, sehingga tidak usah khawatir adanya efek samping. Harganya lebih murah dan bahan-bahannya mudah ditemukan di pasar, supermarket, maupun dari kebun sendiri. Pembuatannya lebih mudah. Kebanyakan obat tradisional hanya perlu direbus daun atau buahnya, lalu airnya diminum.



Bahan dan cara membuanya:

1. Jeruk nipis.
 kenapa jeruk nipis sangat ampuh dalam mengobati batuk???


 Sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis memiliki khasiat tersendiri dalam menyingkirkan batuk               berdahak. Batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lender di saluran pernafasan. Namun ada beberapa pula batuk berdahak yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti tuberculosa, influenza dan campak. Untuk mengobati batuk berdahak, jeruk nipis bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis. Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah, satu buah jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kemudian kulit luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut. 
2. Jahe.
Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik bagi tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengobati batuk berdahak. Bagi yang sedang menderita batuk berdahak, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jahe atau lebih dikenal dengan wedang jahe setidaknya satu kali sehari. Cara membuatnya sangat sederhana, dengan mengiris jahe, direbus lalu air rebusan tersebut dituang ke dalam cangkir dan ditambahkan sedikit gula. Minum selagi hangat. Atau bisa juga dengan menyiapkan beberapa irisan jahe yang sudah dikupas, masukkan ke dalam segelas teh hangat lalu minum sebanyak dua hingga tiga kali sehari. 
3. Daun Sirih 
Menderita batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi. Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya. Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional, salah satunya dengan daun sirih. Cara menggunakannya, rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.

4. Kunyit
Selain ampuh mengobati penyakit maag, ternyata kunyit juga bisa dijadian sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering. Cara pembuatannya adalah tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

5. Belimbing Wuluh.
Tidak berbeda jauh dengan jeruk nipis, belimbing wuluh atau belimbing sayur juga memiliki kemampuan obat untuk batuk berdahak. Caranya adalah dengan mengkonsumsi dalam keadaan segar. Tetapi cara ini tidak disarankan bagi anda yang memiliki masalah lambung

dan yang terakhir cara mencegah batuk.
Berhubung Anda pasti sudah tahu betapa mengganggunya batuk dalam aktivitas sehari-hari, maka Anda perlu mencegahnya supaya tidak terjadi. Hal ini bisa dilakukan dengan:
  1. Sering berkumur dengan air garam, karena garam mengandung antiseptik dan bisa menyedot cairan yang berlebih dari dalam tenggorokan.
  2. Hindari debu dan asap, terutama ketika Anda sedang berada di luar rumah. Pakailah masker.
  3. Kurangi mengonsumsi alkohol dan rokok, karena kedua hal tersebut akan memicu penyakit di organ tubuh dan membuat Anda sering batuk-batuk.
  4. Minum air putih banyak-banyak, 2 liter dalam sehari, untuk melarutkan racun dari tubuh.
Batuk selama ini dikenal mempunyai masa sembuh yang cukup lama, bahkan bisa sampai berminggu-minggu. Biasanya, batuk ini sendiri tidak berbahaya, namun yang patut diwaspadai adalah kenapa Anda bisa terkena batuk tersebut. Jadi, jagalah kesehatan, sering periksa ke dokter secara teratur, dan jangan lupa, konsumsi makanan yang sehat dan air putih. Semoga artikel cara mengobati batuk dengan bahan-bahan alami ini bisa bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar